Site Loader
Jl.By Pass Ngurah Rai, Nusa-Dua

 

     Sudah lebih dari sepuluh tahun The Westin Hotel and Resort Nusa Dua Bali memberi kesempatan bagi para siswa/siswi berkebutuhan khusus untuk melakukan praktik kerja lapangan (PKL) atau yang lebih sering disebut dengan program magang, dalam hal ini ialah Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) jenjang SMA yang bersekolah di SLB Negeri 1 Badung.
Program ini bertujuan untuk mendukung kegiatan sekolah dalam rangka memberikan gambaran secara nyata kepada para peserta didik ketika akan memasuki dunia kerja. Diharapkan peserta didik mampu beradaptasi dengan lingkungan kerjanya dan dapat mengasah keahliannya dalam bidang tertentu,

     Enam bulan lamanya peserta didik akan mengikuti magang di berbagai bidang meliputi housekeeping, engineering, steward serta food and beverage. Setiap peserta didik akan diarahkan untuk mengambil salah satu dari jenis magang yang sesuai dengan kemampuan bidangnya masing-masing. “Tahun ini kami bisa kembali mengirim sembilan peserta didik kelas 12 SMALB untuk magang di Hotel Westin lagi setelah adanya pandemi covid-19 yang berkepanjangan. Rincian pembagian bidang yang ditekuni adalah 2 PDBK di bidang Engineering, 4 PDBK di bidang food and beverage, 2 PDBK di bidang house keeping dan 1 PDBK di bidang steward” jelas Ibu Ari selaku Waka Kesiswaan yang bertangungjawab dalam kegiatan magang para siswa.

     Sebelumnya, PDBK telah mengikuti pembelajaran keterampilan sejak jenjang SMPLB untuk bisa memberikan pengenalan berbagai keahlian dan menggali potensi PDBK sejak dini, agar mereka mengetahui bidang yang ingin ditekuni dan dikembangkan. “Kami memilih Hotel Westin untuk tempat magang karena Hotel Westin adalah salah satu hotel berbintang lima yang mempunyai standar pelayanan terbaik dan pihak manajemennya juga sangat ramah terhadap difabel. Selain itu sertifikat magang yang akan diperoleh oleh PDBK setelah menyelesaikan program ini mempunyai nilai jual yang sangat tinggi.” ujar Bapak Edi sebagai Waka Humas.

     Lebih lanjut Ibu Ari juga menjelaskan bahwa sudah ada beberapa alumni yang menjadi karyawan tetap Hotel Westin setelah mengikuti serangkaian kegiatan magang. Pihak hotel khususnya General Manager (GM) Hotel sangat puas dan senang akan etos kerja yang ditunjukan oleh para PDBK SLB Negeri 1 Badung selama menjalani proses magang. Sehingga pihak GM Hotel Westin selalu menantikan kehadiran dari para PDBK dari SLB Negeri 1 Badung disetiap tahunnya.

     Durasi kegiatan magang yang dilakukan oleh para PDBK kurang/lebih selama 8 jam dan dalam satu min  ggu terdiri dari tiga hari yang dimulai dari hari Selasa hingga Kamis. Selama melakukan kegiatan magang para PDBK selalu berada dalam pantauan dari pihak sekolah maupun pihak hotel, hal ini dilakukan untuk menjamin kelancaran proses magang dan jika ditemukan sebuah masalah agar dapat segera dilakukan penyelesaiannya.

     Tingkat keberhasilan dari para PDBK yang mengikuti proses magang ialah dilihat dari kelancaran dan minimnya permasalahan yang ditemui saat menjalani kegiatan magang serta tingkat kedisiplinan dari para siswa/siswi selama kegiatan magang. Selain itu yang tak kalah pentingnya adalah pengalaman selama proses magang bisa menjadikan para PDBK untuk mandiri dan dapat mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya untuk digunakan secara proposional dimanapun mereka bekerja.

Share This :

Post Author: red slb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.